Home / Berita / Penandatanganan ANTAM dengan Showa Denko K.K untuk Jual Beli Saham PT Indonesia Chemical Alumina

Penandatanganan ANTAM dengan Showa Denko K.K untuk Jual Beli Saham PT Indonesia Chemical Alumina

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) mengumumkan bahwa Perusahaan bersama dengan Showa Denko K.K (SDK) Jepang telah menandatangani akta perjanjian jual beli saham (share purchase agreement – SPA) PT Indonesia Chemical Alumina (PT ICA) sebagai proses final dari pembelian keseluruhan saham SDK di PT ICA oleh ANTAM pada tanggal 28 Desember 2018 di Jakarta. Dengan di tandatanganinya akta jual beli saham ini, ANTAM secara resmi memiliki keseluruhan 100% saham di PT ICA dari posisi kepemilikan sebelumnya yaitu sebesar 80% dengan 20% kepemilikan saham dimiliki oleh SDK.

Direktur Keuangan ANTAM, Dimas Wikan Pramudhito mengatakan:

“ANTAM berbangga dapat menyelesaikan seluruh rangkaian proses pembelian keseluruhan saham PT ICA yang merupakan bagian dari proses negosiasi dan evaluasi secara menyeluruh yang dilakukan oleh kedua belah pihak, ANTAM dan SDK terkait dengan restrukturisasi kerja sama patungan di PT ICA. Penandatanganan SPA ini merupakan refleksi atas komitmen Perusahaan dalam rangka memperkuat portofolio produk hilir ANTAM yakni alumina. Dengan kepemilikan 100% atas PT ICA, ANTAM berkomitmen terhadap optimalisasi pabrik chemical grade alumina (CGA) dalam rangka menghasilkan produk yang berkualitas.”

Ditandatanganinya akta jual beli ini, juga menunjukkan bahwa ANTAM dan SDK telah menyelesaikan kewajiban-kewajiban sebagai pemegang saham sesuai dengan proporsi kepemilikan saham sesuai yang tertuang dalam Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) yang ditandatangani pada tanggal 29 Mei 2018.

Pokok-pokok kesepakatan dalam CSPA tersebut diantaranya mencakup pembayaran kewajiban kepada kreditur, kewajiban pajak, pengelolaan lingkungan, perbaikan pabrik, termasuk pemberian paten milik SDK kepada PT ICA untuk proses produksi dan produk yang telah terdaftar di 36 negara. Transaksi jual-beli saham SDK di PT ICA kepada ANTAM dilakukan dengan nilai pembelian yang telah disepakati dalam perjanjian sebesar US$1,00 (Satu Dolar Amerika Serikat).

Dengan adanya transfer teknologi, pengembangan produk serta dukungan pemasaran, Perusahaan optimis komoditas alumina ANTAM tetap memiliki daya saing global dan dapat memberikan nilai ekonomi yang positif bagi Perusahaan dan para pemegang saham.

Pabrik CGA Tayan yang dioperasikan oleh PT ICA merupakan pabrik berbasis Proses Bayer yang dilengkapi fasilitas kalsinasi yang menghasilkan produk CGA yang dapat diaplikasikan untuk memproduksi bahan pendukung komponen fungsional dan komponen elektronik diantaranya penjernih air, refractoriesabrasives, produk bangunan, Integrated Circuit (IC), dan bahan untuk LCD screen. Destinasi penjualan produk CGA ke pasar internasional diantaranya adalah Jepang, Korea Selatan dan Turki.

SumberAntam /edit koranbumn.com

Check Also

FGD Proyek KPBU Pembangunan Proving Ground BPLJSKB Bekasi

Kementerian Perhubungan melaksanakan FGD Proyek KPBU Pembangunan Proving Ground BPLJSKB. Pada pelaksanaan FGD ini, PT …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *