Home / Berita / PTPN VII Terapkan ERP Mulai Januari 2019

PTPN VII Terapkan ERP Mulai Januari 2019

Tuntutan akuntabilitas, ketepatan, dan kecepatan dalam manajemen perusahaan segera dijawab PTPN VII. Mengendors software dari SAP HANA, BUMN perkebunan ini mengoperasikan enterprise resource planning (ERP) sebagai perangkat lunak untuk mengendalikan seluruh proses pencatatan, pelaporan, evaluasi, hingga menganalisis data keuangan untuk mengambil keputusan.

“Mulai 1 Januari 2019, Holding Perkebunan telah menetapkan seluruh proses adminsitrasi dalam manajemen di seluruh PTPN I-XIV menggunakan teknologi informasi berbasis digital dengan sofware ERP-SAP. Sistem ini sudah kami siapkan jauh hari dan tahun baru ini kita pakai sistem baru,” kata Vedy Pudiansyah, Kabag Manajemen Kinerja Korporasi PTPN VII saat membuka Pelatihan bagi karyawan Pengguna ERP-SAP, di Kantor Direksi, Bandarlampung, Senin (3/12/18).

Vedy menjelaskan, sistem canggih, komprehensif, dan simultan dibutuhkan untuk mengelola manajemen besar seperti PTPN VII. Ia menyebut, sistem ERP SAP ini sangat cocok diterapkan. Sebab, kompleksitas bidang yang ada di PTPN VII membutuhkan integrasi sistem yang andal.

Dalam pengantarnya, Vedy yang juga Ketua Umum SPPN 7 ini mengatakan, sistem ini diaplikasikan menyelaraskan dengan yang telah diterapkan PTPN Grup (holding). Secara linier, nantinya sistem yang ada di seluruh PTPN Grup akan terintegrasi sehingga memudahkan dalam pengendalian dan pengawasan.

“Dengan sistem manajemen yang baik, akurat, cepat, dan terintegrasi, kemungkinan terjadinya kesalahan bisa ditekan. Dengan demikian, kita akan lebih produktif, lebih hemat biaya dan waktu karena tidak banyak menggunakan kertas, dan itu pasti akan meningkatkan produktivitas,” kata dia.

Namun demikian, Vedy menyebut sistem baru ini membutuhkan ketelitian, terutama pada end user atau operator. Setiap data yang diinput secara otomatis akan diolah dan dianalisis oleh sistem secara rigid. Disinilah, kata dia,peran bagian akuntansi untuk menvalidasi setiap input data ke dalam sistem.

Vedy menjelaskan, saat ini ada 10 fitur modul bidang dalam sistem ERP di PTPN VII yang segera beroperasi secara integratif.

Sumber InPTPN VII edit koranbumn.com

Check Also

Holding Pelindo Jadi Solusi Tingkatkan Standarisasi Pelabuhan RI

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, Elvyn G Masassya menyebutkan saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *