Home / Berita / Sekilas Mengenal Tower Crane

Sekilas Mengenal Tower Crane

Saat melintas di suatu proyek konstruksi melihat tower yang menjulang tinggi, terlihat tulisan APG pada tower tersebut, menandakan proyek tersebut dikerjakan oleh anak perusahaan ADHI yaitu PT Adhi Persada Gedung dalam pengerjaan proyek sering disebut Tower Crane.

Tower Crane merupakan salah satu jenis alat berat yang sering ditemukan di proyek pembangunan gedung. Alat berat ini berguna untuk mengangkat benda atau material berat yang umumnya tidak dapat dijangkau oleh tenaga manusia. Selain bisa mengangkut beban berat, tower crane juga dapat digunakan sebagai pengangkut bahan concrete bucket untuk proses pengecoran kolom bangunan yang lokasinya tinggi dan sulit dijangkau.

Proses pemasangan tower crane perlu direncanakan secara matang dan menyesuaikan kondisi di lapangan. Hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan, keselamatan kerja dan meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, yaitu menentukan jarak jangkau tower crane dengan struktur bangunan dengan sesuai dan diperhitungkan.

Komponen yang ada di tower crane antara lain,  Bagian penyusun tower crane terdiri dari jib yang berfungsi sebagai lengan panjang yang dapat berputar 360 derajat. Lalu, ruang operator, di sinilah tempat pengendali tower crane yang dikendalikan operator crane. Umumnya tower crane dikendalikan oleh seorang operator. Selanjutnya, tiang menara atau bagian vertikal tower crane sebagai tiang crane. Di bagian tengah tiang terdapat tangga untuk tempat naik operator. Kemudian, pondasi sebagai bantalan dan penyangga tiang agar tetap kokoh.

Cara mengoperasikan tower crane  dengan tuas kanan dan kiri yang ada di dalam ruang kontrol tower crane, tuas tersebut sebagai dasar mengoperasikan tower crane. Misalnya fungsi tuas sisi kanan jika didorong akan menurunkan hook atau pengait sedangkan pada sisi kiri jika didorong akan menggeser trolley kearah luar.

Sumber InAdhikarya

Check Also

Pertamina Tuntaskan Penanganan Pipa Cimahi dan Maksimalkan Distribusi BBM

Hingga saat ini, PT Pertamina (Persero) masih membersihkan sisa BBM di sekitar lokasi pipa Cimahi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *