Home / Berita / Supaya Hasil Panen Lebih Baik, PNM dan Jiwasraya Gelar Pelatihan untuk Petani Sayur di Lembang

Supaya Hasil Panen Lebih Baik, PNM dan Jiwasraya Gelar Pelatihan untuk Petani Sayur di Lembang

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) melakukan sinergi dalam pemberdayaan petani sayur di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (18/7).  Dua BUMN itu membantu pemberdayaan masyarakat  sekitar melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Dipilihnya Kecamatan Lembang sebagai salah satu sasaran program didasarkan pada pertimbangan bahwa daerah ini sudah lama dikenal sebagai sentra penghasil sayur-mayur yang memasok ke beberapa kota besar di Jawa Barat bahkan hingga Jakarta.

Selain mendapatkan dukungan permodalan dari Jiwasraya, para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Jaya Pertanian Nusantara (JPN) ini juga mendapat pelatihan secara berkala. Dalam pelatihan kemarin, para petani mendapatkan materi tentang cara pengelolaan tanaman sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tampil sebagai pembicara yaitu pakar dari Dinas Pertanian setempat. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memotivasi para petani agar lebih giat dalam menjalankan usahanya, sekaligus mempererat silaturahim di antara sesama mitra binaan, dan antara mitra binaan dengan PNM dan Jiwasraya.

Kepala PKBL Head Office Jiwasraya, Dhanny Bachtazar, mengungkapkan bahwa program-program seperti ini akan terus dilaksanakan oleh Jiwasraya  sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, baik yang dilakukan secara mandiri maupun yang melibatkan PNM.

“Program kemitraan ini akan terus kami kembangkan baik segi kualitas maupun jangkauannya sehingga lebih banyak pelaku usaha kecil yang merasakan manfaatnya,” kata Dhanny dalam rilis yang diterima Tribun, Kamis (19/7).

Pihak PNM menyambut baik kerja sama yang sudah sejak lama dilakukan antara kedua BUMN. PNM selalu siap bersinergi dengan seluruh BUMN dan stakeholderlainnya dalam memberdayakan pelaku UMK. PNM menganalisis kelayakan usaha  agar pembiayaan yang disalurkan benar-benar dimanfaatkan untuk pengembangan usaha dan bisa dikembalikan tepat waktu.

“Melalui seleksi yang ketat, dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan, diharapkan program ini bisa berjalan lancar dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani secara nyata,” Kepala Divisi Jasa Manajemen Kemitraan dan LKMS PNM, kata Cut Ria Dewanti.

Jiwasraya sendiri merupakan BUMN  yang bergerak di bidang jasa asuransi jiwa yang melayani masyarakat di seluruh Indonesia. Jiwasraya merupakan asuransi tertua di Indonesia yang telah menginjak usia  ke 158. Total asetnya mencapai lebih dari Rp 45 triliun, dengan 7 juta pemegang polis. Kini asuransi ini telah memiliki  14 kantor wilayah, 71 kantor cabang dan 494 unit kerja area serta 15.000 orang agen di seluruh Indonesia. (*)

Sumber Situs Web Jiwasraya/tribunjabar.id

Check Also

Pekerjaan Saluran Air Tembus Headrace Tunnel, Konstruksi Proyek PLTA Jatigede Capai 70 Persen

Pekerjaan top heading excavation atau penggalian saluran air di Headrace Tunnel PLTA Jatigede 2×55 MW sepanjang 2.218,73 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *