Home / Berita / Tonasa Bantu Kembangkan Usaha Kecil Dan Menengah Masyarakat

Tonasa Bantu Kembangkan Usaha Kecil Dan Menengah Masyarakat

Semen Tonasa kembali menyalurkan dana kemitraan, pinjaman modal kerja tahap VI tahun 2018. Di lantai enam kantor pusat PT Semen Tonasa, Selasa (25/09/18).

Penyaluran bantuan yang merupakan bagian dari program Tonasa Mandiri ini berasal dari dana CSR Tonasa, yang diserahkan langsung Kepala Biro CSR, Ilyas HM, mewakili Direktur Utama.

Penyaluran bantuan modal kerja tahap VI ini, sebanyak 72 UKM ikut menerima bantuan dengan total pinjaman Rp. 11.500.000.000 (sebelas miliar lima ratus juta rupiah), dimana Keseluruhan UKM meliputi ring satu sebanyak 25 unit UKM dengan nilai pinjaman sebesar Rp. 629 juta, ring dua 40 unit UKM dengan nilai pinjaman Rp. 1 miliar 20 juta rupiah dan ring tiga sebanyak 7 Unit UKM dengan nilai pinjaman Rp.160 juta rupiah.

Kepala Biro CSR Ilyas HM, mewakili Direktur Utama, yang ditemui usai penyerahan mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian perusahaan PT Semen Tonasa, kepada para pengusaha kecil, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Perusahaan Industri semen milik negara tersebut.

“Ini adalah bentuk kepedulian, sekaligus amanah undang undang, tentang program kemitraan, dimana masyarakat dapat mandiri dan didukung dalam hal peningkatan kesejahteraan”, jelas Ilyas.

Ia berharap bantuan ini betul betul dimanfaatkan para penerima, untuk kepentingan usaha, bukan digunakan untuk hal yang berbau konsumtif, lantaran diakui ilyas, aliran dana bantuan khusus diperutukan sebagai penggerak usaha dan mendorong peningkatan ekonomi.

“Selain ini agenda rutin, kita harap para penerima bisa membayar tepat waktu, termasuk dana ini jangan dipakai konsumtif, betul betul dipakai untuk usaha”, tambahnya.

Dalam penyaluran ini sejumlah sektor usaha ikut mendapat bantuan diantaranya, sektor jasa sebanyak 11 UKM, Perdagangan 48 UKM, Perikanan 6 UKM dan sektor peternakan 2 UKM dan Industri 5 UKM.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Dewa Bochari berharap para penerima dapat terus menjaga kepercayaan dari PT. Semen Tonasa dan tetap berkomitmen untuk kesinambungan program bantuan usaha tersebut

“Pengusaha yang menerima kami ajak untuk berkomitmen, menjaga kepercayaan perusahaan, karena ini sifatnya bergulir, jadi apa yang dikembalikan, itu pula yang dikeluarkan nantinya”,singkat Dewa.

Sebelumnya ditahun 2018, Semen Tonasa sudah menyalurkan bantuan tahap V sebesar Rp. 8.320.000.000 Kepada 356 unit UKM, dengan total penyaluran hingga September sebanyak 428 unit UKM sebesar Rp. 10.129.000.000 (sepuluh milyar seratus dua puluh sembilan juta rupiah) atau 88,07 persen dari RKA 2018.

Kegiatan penyerahan dana program kemitraan tahap VI dirangkaikan pula dengan pelatihan pengembangan usaha / pembekalan mitra binaan meliputi : motivasi pengembangan UMKM, sukses story mitra binaan, pembukuan sederhana UMKM serta tata cara pembayaran angsuran mitra binaan dengan menggunakan kode virtual account yang bertujuan untuk memberikan ilmu atau wawasan kepada para mitra binaan untuk dapat mengembangkan usahanya pasca menerima dana pinjaman. (Saf/ST)

Sumber Situs Web Semen Tonasa

Check Also

TASPEN dan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Melakukan Penandatanganan MOU

TASPEN dan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melakukan penandatanganan MOU terkait dengan Penyelenggaraan Program Jaminan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *